Situs Perumahan Baru You are at : Category Artikel / Single Artikel
Konsep Rumah Pintar
Smart Home Concept Indonesia

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.5/5 (2 votes cast)
Share on

November 21st, 2012

Konsep Rumah Pintar – Smart Home Concept


Konsep rumah pintar (smart home) saat ini sedang menjadi trend untuk rumah tinggal pribadi di Indonesia, mulai dipopulerkan beberapa pengembang di Jakarta. Sebenarnya konsep rumah pintar bukanlah hal yang baru, sudah dikembangkan di Eropa pada awal 1980, terus berkembang hingga saat ini seiring dengan perkembangan teknologi dan gadget.

Mengulas tentang konsep rumah pintar berarti mengulas tentang bagaimana memiliki suatu konsep hunian yang memberikan rasa aman, kemudahan dan kenyamanan dengan memanfaatkan teknologi atau mengoptimalkan pemberdayaan IT (Tehnologi Informasi). Tujuan utama dari penerapan konsep rumah pintar ini adalah untuk mengintegrasikan seluruh alat alat dan produk listrik, fasilitas keamanan gedung, ataupun produk penerangan kedalam satu system kendali dengan tujuan untuk lebih mengefektifkan dan efisienkan pemakaian energi listrik pada suatu bangunan, baik rumah atau pelaku usaha sewa ruang kantor , virtual office serta berbagai kategori properti lainnya.

Dalam konsep rumah pintar, banyak sekali aplikasi yang dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah atau gedung, beberapa konsep smart home tersebut adalah:

  • Smoke detector
  • Movement detector
  • Gas Detector
  • Break glass detector
  • CCTV dan sebagainya


Smart home system adalah sebuah sistem dengan bantuan teknologi yang dapat membantu penggunanya mendapatkan rasa nyaman, memantau sistim keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer atau alat canggih lainnya, pada gedung atau rumah tinggal. Dapat digunakan untuk menggendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan di rumah, mulai dari pengaturan tata lampu hingga ke berbagai alat-alat rumah tangga, yang perintahnya dapat dilakukan dengan menggunakan suara, sinar infra merah, atau melalui kendali jarak jauh (remote).

Penerapan sistem ini memungkinkan pemilik rumah pintar untuk mengatur suhu ruangan melalui alat pengukur suhu (termostat) pada sistem pemanas atau penyejuk hawa ruangan (Air Conditioner), sehingga memberikan suasana ”adanya kehidupan” meski sebenarnya anda dan seisi rumah sedang tidak ada di tempat.

Smart home tidak hanya sebagai rumah masa depan atau impian semata, sebab segala kemudahan dan kenyamanan yang diidamkan banyak orang, sudah dapat diaplikasikan saat ini lewat bantuan smart home, penggunanya pun dapat menyalakan AC selagi di perjalanan menuju rumah. Yang lebih canggih lagi, anda dapat menghidupkan, mematikan, bahkan mengatur temperatur ruang sesuai keinginan. Lampu di tiap ruang juga bisa dihidup matikan serta diatur level pencahayaannya agar sesuai dengan mood penghuni rumah. Kendali atas rumah masih bisa anda pegang kendati tengah berada di kantor, bahkan luar negeri. Itu jika Anda memanfaatkan kontrol smart home lewat internet ataupun GPRS pada ponsel. Sementara itu, selagi di rumah, selain dengan remote control anda pun dapat menginstal kendali smart home di laptop, komputer atau monitor layar sentuh yang terpasang di dinding, smart home dapat diinstal menyeluruh di tiap ruangan. Namun, jika budget terbatas, anda masih bisa mengaplikasikannya di ruang-ruang tertentu saja, misalnya mengecualikan kendali lampu kamar mandi.

Konsep Rumah Pintar, 4.5 out of 5 based on 2 ratings
« PrevNext »