Situs Perumahan Baru You are at : Category Artikel / Single Artikel
Perbandingan Biaya Tinggal Apartemen Rumah
Apartemen

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
Share on

October 31st, 2015

Memang bukan perkara yang mudah ketika anda harus menentukan jenis tempat tinggal yang akan di tempati. Jika anda melihat, saat ini apartemen menjadi salah satu hunian pilihan para warga di ibu kota yang cukup diminati, hal ini diakibatkan karena sulitnya mencari hunian rumah tapak yang berada di lokasi yang dekat dan akses yang mudah untuk ke pusat kota. Terlebih lagi karena kemacetan yang semakin hari semakin padat, menjadikan apartemen semakin diminati karena lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota. Tetapi, konsep rumah tapak tetap memiliki banyak peminat karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan apartemen.


Perbandingan Harga
Lokasi apartemen menyebabkan harganya yang ditawarkan berbeda-beda. Semakin strategis lokasi apartemen tersebut, maka semakin tinggi harganya. Selain lokasi, posisi ruang yang anda beli juga akan berpengaruh karena semakin tinggi posisinya, maka semakin mahal. Walaupun demikian apartemen juga memiliki kelebihan, yaitu anda bisa membeli dengan perabotan di dalamnya atau full-furnished dan sudah ditat dengan cantik dan senyaman mungkin.

Status Kepemilikan
Apabila anda membeli rumah, maka akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM). Lain halnya dengan membeli apartemen, karena anda hanya mendapat sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang hanya memiliki batas waktu hingga 20 tahun. Sertifikat tersebut dapat diperpanjang bila surat HGB seutuhnya milik developer.

Lokasi
Lokasi apartemen biasanya di tempat yang strategis atau di pusat kota. Anda akan mudah menemui kendaraan umum ataupun jalan tol. Selain itu banyak apartemen yang dekat dengan pusat perbelanjaan, mall atau area rekreasi. Berbeda dengan rumah yang biasanya dibangun di daerah luar kota, karena terbatasnya lahan kosong di perkotaan. Walaupun demikian masih banyak juga perumahan yang memiliki akses ke mall, jalan tol ataupun tempat wisata.

Kenyamanan
Rumah akan membuat anda lebih nyaman, karena memiliki pekarangan sendiri.  Hubungan antara tetangga juga terjalin lebih erat dibandingkan tinggal di apartemen. Anda juga bisa lebih mudah untuk merenovasi atau membangun ruangan baru pada rumah anda, karena ada kelebihan tanah atau pekarangan.

Keamanan
Keamanan menjadi hal yang penting, terutama apabila anda tinggal di apartemen kelas menengah yang memiliki akses mudah bagi siapapun untuk berkunjung. Anda yang tinggal di apartemen harus lebih berhati-hati dalam menjaga barang. Walaupun banyak penjaga yang disediakan, tapi masih ada kemungkinan untuk terjadinya kejahatan karena ada ratusan kavling yang harus dijaga.

Itulah beberapa perbandingan tinggal di apartamen atau rumah dan tentukan pinjaman KPR yang tepat. Karena hal yang terpenting untuk dipertimbangkan sebelum anda membeli tempat tinggal. Selain itu, apartemen memiliki biaya bulanan yang lebih tinggi dibanding dengan rumah. Jadi sekarang kembali ke selera tiap orang, mau memilih tinggal di rumah atau membeli apartemen karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

 


« PrevNext »